Welcome Guest!
twitter facebook rss

,

Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kolaka Utara

 Aplikasikan Pupuk An-Organik Super Tani
Awal September lalu, pupuk An-Organik “Super Tani” diperkenalkan pada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kolaka Utara. Sebelumnya, pupuk tersebut sudah banyak digunakan oleh petani sawah, khususnya di Desa Pumbolo Kecamatan Rante Angin dan Desa Tambuha Kecamatan Watunohu. “Ada sekitar 3 ton yang di alokasikan di kecamatan tersebut,” kata koordinator Super Tani  daerah Sulawesi Tenggara, Suparman.
           
Terkait soal itu, Kepala Bidang Pertanian, Ngatimo memberi respon yang sangat baik dengan kehadiran pupuk ini di Kolaka Utara. Pertemuan singkat dengan kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Drs. Samul Ridjal, M.H. ketika itu, diharapkan menjadi angin segar terhadap para petani untuk meningkatkan produktivitas dan menekan biaya produksi pertanian. “jika dengan menggunakan pupuk ini ternyata mampu meningkatkan produksi pertanian kita, nanti akan diajukan agar masuk dalam program Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Kolaka Utara Tahun 2014 mendatang” kata Syamsu Ridjal yang didampingi oleh kepala bidang Pertanian, Ngatimo ketika itu.
            Syamsu Ridjal juga mengimbau agar rencana pengadaan demplot di Desa Lanipa Kecamatan Pakue Tengah, diprioritaskan sekitar 1 hektar. Menurut rencana, demplot untuk pengaplikasian pupuk An-organik Super Tani, akan dilakukan ditiga Kecamatan. Masing-masing di Desa Maruge Kecamatan Katoi, Desa Lanipa Kecamatan Pakue Tengah, dan Desa Kosali Kecamatan Pakue. Untuk spesifikasi demplot penggunaan pupuk ini cenderung mengarah pada tanaman padi. Namun untuk desa Kosali, demplot dilaksakan dua titik yakni, untuk padi sawah sekitar 1 hektar dan kebun kakao 1 hektar.
            Hal itu dikatakan oleh bidang pertanian, Ngatimo,S.P. saat dikonfirmasi via telepon. Menurutnya, masih ada dua titik yang belum dilakukan pengaplikasian karena terkendala oleh musim tanam (MT). ”sementara ini kami menunggu musim tanam selanjutnya untuk pengaplikasian tersebut. Insya Allah 4 hingga 6 bulan ke depan, kita sudah melihat hasinya.”kata Nganimo.
            Secara terpisah, informasi yang diterima Metro via telepon dengan Haeruddin,S.Sos., menyebutkan jika pupuk Super Tani terlah disuplai di 2 (dua) desa yang ada di Kolaka utara masing-masing di desa Tambuha dan desa Toaha dengan kapasitas 250 kilogram. Menurut Haeruddin, dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan sosialisasi secara menyeluruh di kabupaten kolaka dengan menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat, para ketua kelompok tani, para kepala desa dan orang pertanian sendiri. ”nanti kepala desa akan meminta kepada penyuluh pertanian  untuk turun membantu kami dalam kegiatan sosialisasi tersebut, sebab baru-baru ini, hasil koordinasi kami dengan kepala Dinas Pertanian dan peternakan, Syamsul Ridjal mendapat tanggapan yang cukup baik. Dalam sosialisasinya nanti, akan kami undang semua teman-teman wartawan untuk mengikuti sekaligus mempublikasikan kegiatan tersebut. ”kata Haeruddin,S.Sos.  yang selama ini bertugas sebagai ajudan wakil bupati Kulot.
            Penting diketahui, jika pupuk an-organik Super Tani merupakan pupuk majemuk yang mengandung unsur hara makro dan  mikro yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan  berbagai jenis tanaman serta dapat juga digunakan untuk tambak, dalam menigkatkan produktivitas secara maksimal dan kualitas super. Selain aplikasi sederhana dan penggunaan dosis lebih tendah, dan mampu meningkatkan nilai produksi secara signifikan hingga 30 persen serta menekan biaya produksi sebesar 40 persen.
Dengan penggunaan pupuk Super Tani,sangat menghemat tenaga serta memiliki formulasi yang berkualitas tinggi, kandungan seimbang dan lengkap dengan harga terjangkau sesuai kemampuan ekonomi masyarakat tani. Formulasi pupuk Super Tani dipermentasikan melalui kandungan hara fosfor yang berfungsi untuk memperbaiki pertumbuhan akar sehingga tanaman dapat mengambil unsur hara yang lebih banyak, sehingga pertumbuhan tanaman menjadi kuat dan subur. adapun kandungan Amonium Sulfat, berguna untuk pembentukan   hijau daun untuk menyuburkan tanaman. Sementara kandungan kalium untuk mengangkat hidrat arang dan memperbaiki beberapa sifat warna, rasa, tahan lama dan bau harum. Kandungan lainnya yaitu insektisida untuk membasmi hama ulat batang dan cacar pada daun tanaman.
Pada dasarnya, pupuk Super Tani memiliki kandungan hara fosfor, amonium sulfat, kalium, dan insekstisida yang sangat dibutuhkan semua jenis tanaman, termasuk untuk penggunaan lahan tambak. Tercatat sekitar 34 jenis tanaman yang dapat menggunakan Pupuk Super Tani dengan takaran yang disesuaikan, seperti cengkeh misalnya, perhektarnya hanya menggunakan 25 kilogram. Sedang untuk tanaman padi hanya sekitar 15 kilogram per hektarnya.
Jika dicermati, kehadiran pupuk Super Tani sejak 13 tahun silam, dengan legalitas DEPTAN RI NO.P 424/DEPTAN.PPI/III/2008 serta hak pemerekan dari DEPKUMHAM RI Nomor IDM 000217540/IX/2009, merupakan jawaban atas kendala terjadinya kelangkaan dan keterlam batan suplai pupuk bagi para petani, sehingga petani kadang dipaksa untuk menggunakan cara-cara kenvensional.
Dengan hadirnya pupuk Super Tani yang dapat disandingkan dengan pupuk lainnya, misalnya dengan pupuk Urea, KCL, atau ZA, maka pupuk ini dikenal dengan pupuk an-organik. Secara umum, pupuk ini telah dikenal sebagai pupuk nasional terbaik dan menjadi  cover sampul buku Directori Perusahaan dan industry sektor Pertanian pada tahun 2009 lalu. Pupuk Super Tani dinobatkan sebagai produk  nasional terbaik, bukan tanpa alasan. Sebab pada spesifikasi pupuk terdapat 7 keuntungan yang diberikan kepada petani selaku pengguna produk, yakni meningkatkan produksi sehingga 30 persen, aplikasi pupuk sangat sederhana penggunaan dosis lebih rendah, formulasi berkualitas, menekan biaya produksi sehingga 40 persen , tenaga kerja lebih hemat serta harga terjangkau (murah).
Konsistensi dan komitmen Super Tani dalam memanjakan perekonomian nasional pada sektor pertanian, telah teruji seiring perjalananwaktu. Hal itu menjadi momentum dan tercatat dalam sejarah perusahaan secara lengkap. Beberapa moment penulis ingin sampaikan antara lain, panen raya kakao di kabupaten  Bone yang dihadiri oleh Menteri Pertanian RI, Ir. Siswono. Sementara Panen Raya padi sawah di Kecamatan Bengo Kabupaten Bone, dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Selatan, Ir. Lutfi Halide, M.T. demikian pula panen raya padi sawah di Kabupaten Soppeng, dihadiri oleh Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, dan panen raya kakao dalam program Gernas di Kabupaten Luwu Utara, dihadiri langsung oleh Bupati, Arifin Jumadi serta panen raya dikabupaten Bone yang dihadiri bupati dan wakil bupati Bone  Dr.H.A.Fahsar M.Padjalangi, M.Si. dan Drs. H.Ambo Dalle, M.M. beberapa pekan lalu.
Pemberian hadiah berupa mobil, motor, TV dan lain-lain, alam program Gebyar Hadiah serta Mega Bonus, merupakan konstribusi nyata diberikan kepada mitra perusahaan yang memiliki andil dalam pengembangan perusahaan ini. Selain memberi konstribusi positif dalam meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan pengembangan perusahaan, CV Reski Surya Prima selaku pemilik produk ini juga memberi konstribusi dalam meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang mengacu pada prinsip dasar tata kelola perusahaan yang baik (good corvorate governance). Pola pendekatan dilakukan dengan menjalin kemitraan pada semua pihak yang saling menguntungkan, tidak hanya pada kalangan masyarakat petani. Tetapi juga merangkul para pengusaha maupun pemerintah untuk bersama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui pupuk Super Tani. Oleh sebab itu, Komisaris  perusahaan bersama jajaran Direksi sangat berharap agar kepedulian semua pihak terutama pemerintah menjadi motivasi untuk terus dinamis bergerak dalam mewujudkan cita-cita bangsa, yakni memakmurkan dan menyejahterakan rakyat melalui sektor pertanian.
Sehubungan dengan kualitas produk Super Tani yang telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat petani, pupuk ini semakin diminati dan kian berkembang di daerah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, dan Kalimantan. Keterangan yang diberikan oleh Agus,  salah seorang petani nilam di Kolaka Utara yang dihubungi via telepon baru-baru ini mengatakan “penggunaan pupuk Super Tani ternyata sangat bagus jika disandingkan dengan pupuk urea. Sebab Super Tani  ternyata mampu meningkatkan hasil minyak yang dikandung oleh tanaman nilam. Padahal saya hanya menggunakan sedikit dengan cara disemprotkan pada lahan seluar 3 hektar, dan hasilnya sangat luar buasa” ujar Agus.
            Menurut Agus, informasi produk yang memberikan 7 keuntungan, benar-benar dapat dibuktikan. Biaya produksi berkurang, sementara hasilnya bisa meningkat. Sedangkan untuk penggunaan pada tanaman Kakao, ia masih menunggu hingga musim hujan tiba. Rencananya pupuk ini akan digunakan pada lahan kakao seluas 1 hektar. Jika hasilnya sama dengan tanaman Nilam saya, pupuk super Tani akan saya gunakan seterusnya. Selain saya, banyak petani lain di desa Parehu kecamatan Parehu ini menggunakan pupuk super Tani. Seperti Sulaeman, Mustamin, dan Syamsu Alam. Ketiga rekan saya itu adalah petani Nilam dan Kakao, kata Agus.
Kolaka Utara memiliki luas sekitar 3.391,62 kilometer bujur sangkar. Topografi wilayah terdiri dari pegunungan, tanah datar, dan sebahagian kecil rawa. Data dari Dinas Perkebunan dan Holtikultura menyebutkan, lahan kebun Cengkeh pada tahun 2012 lalu, seluas 11.253,50 hektar. Namun luas lahan tersebut pluktuatif. Artinya biasa meningkat atau menurun disebabkan adanya alih fungsi. Sementara luas lahan kebun Nilam pada tahun 2013 ini, tercatat sekitar 13.774 hektar. Sedangkan untuk luas lahan Padi Sawah sercatat sekitar 2.669 hektar. Adapun data lahan kebun Kakao, belum diperoleh informasi pasti tentang berapa luasnya.
            Melihat potensi Kolaka Utara pada sektor pertanian dan perkebunan, memiliki prospek yang sangat bagus serta mampu menunjang perekonomian masyarakat yang mayoritas sebagai petani. Kesejahteraan dapat dilirik dari kedua sektor ini, apabila ada upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas  pertanian. Untuk itu, pupuk Super Tani akan turut andil jika mendapat respon yang baik dari pemerintah. Partisipasi pupuk Super Tani untuk ikut serta melaksanakan program pemerintah, yang merupakan komitmen yang sudah terbentuk sejak awal. Pupuk Super Tani memiliki tujuan untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM), menciptakan lapangan kerja dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui karya nyata anak bangsa, sekaligus member konstribusi pada negara.
Adanya respon Pemerintah Kabupaten Kolaka melalui Dinas Pertanian dan Peternakan, menjadi harapan, sebagai langkah awal untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, dengan meningkatkan produktivitas. Baik disektor Pertanian, Perkebunan, maupun Perikanan. Kata Komisaris CV  Reski Surya Prima, Andi Undru, S.Sos. (Asri).

0 komentar

Readers Comments


Latest Posts

Sponsored By

Featured Video

Our Sponsors

Sponsor

SuperTani